POLA DASAR MENGAJAR DAN BELAJAR
A.
Pola dasar mengajar
Tugas
utama guru adalah mengajar dan tugas utama siwa adalah belajar. hal yang
dimaksud dengan pola dasar mengajar dalam pembahasan ini adalah proses
pelaksanaan mengajar yang dilakukan guru dalam pengelolaan kelas yang menjadi
tanggung jawabnya,yang dipengaruhi oleh motivasi dan pandangannya tentang
konsep mengajar sehingga menjadi gaya dalam melaksanakan komunikasi dan
interaksi belajar mengajar.
Ada
tiga pola dasar yang dilakukan guru dalam pengelolaan pembelajaran, yakni pola
terpisah, pola terkait dan pola ketergantungan.
1.
Pola terpisah, pola terpisah adalah pola yang
mengambarkan kettiadaan hubungan antara
peran yang dilakukan guru sebagai pengajar denagan peran siswa sebagai
pembelajar.
2.
Pola terkait, pola terkait adalah pola
mengajar guru yang berupaya agar siswa memahami materi pelajaran sesuai dengan
yang disampaikannya
3.
Pola ketergantungan , pola mengajar
ketergantungan adalah pola mengajar yang ditandai oleh adanya kerja sama antara
guru dan siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran.
B.
Pembelajaran sebagai suatu sistem
1. Pentingnya
pendekatan sistem dan pembelajaran
Untuk menimbulkan proses komunikasi pembelajaran yang efektif, salah satu
pendekatan yang dapat kita gunakan adalah pendekatan sistem, sebagai suatu
pendekatan yang memulainya dari analisis setiap komponen yang membentuk yang
membentuk sistem itu sendiri. Sistem dapat diartikan sebagai satu kesatuan
komponen yang saling berkaitan, berinterelasi dan berinteraksi untuk mencapai
tujuan.
2. Komponen-komponen
sistem pembelajaran, belajar adalah proses perubahan tingkah laku.
3. Factor-faktor
yang berpengaruh terhadap sistem pembelajaran, terdapat beberapa factor yang
dapat mempengarui kegiatan proses sitem
pembelajaran di antaranya factor guru, factor siswa, sarana, alat dan media
yang tersedia, serta factor lingkungan.
C.
Hakekat belajar metode dan media pembelajaran
Konsep
bukan saja akan mewarnai tindakan guru dalam pengelolaan pembelajaran, akan
tetari juga dapat menentukan rancangan
media yang digunakan guru.
1. Belajar
sebagai proses menambah informasi
2. Belajar
adalah proses perubahan perilaku yang terkontrol
3. Belajar
sebagai proses mental untuk memecahkan masalah
D.
Kedudukan media dan sistem pembelajaran
Sistem
adalah suatu kesatuan komponen yang saling berhubungan untuk mencapai tujuan
tertentu. Kalau pembelajaran dianggap sebagai suatu sistem maka dinalamnya ada
komponen-komponen yang membentuknya. Brown (1983) menjelaskan komponen-komponen
yang harus menjadi perhatian guru dalam merancang sistem pembelajaran dikaitkan dengan pemanfaatan media pembelajaran
yaitu: siswa, tujuan, kondisi, sumber-sumber belajar, hasil belajar.
E.
Jenis-jenis Belajar
Belajar
yang dilakukan anak didik bermacam-macam bentuknya sesuai dengan tujuan belajar
itu sendiri. Macam-macam jenis belajar. Belajar pengamatan ,belajar gerak,
belajar menghafal, belajar memecahkan masalah, belajar berdasarkan emosi.
KONSEP
DASAR MEDIA PEMBELAJARAN
Media adalah perantara dari sumber informasi ke penerima
informasi. Perbedaan antara media dan media pembelajaran terletak pesan atau
isi yang ingin disampaikan, artinya alat apa pun itu yang berisi tentang
pesan-pesan pendidikan termasuk kedalam media pendidikan atau media
pembelajaran.
·
Prinsip-prinsip pengunaan media dalam
pembelajaran
Terdapat beberapa prinsip yang harus
diperhatikan diantaranya yaitu:
1. Media
digunakan dan diarahkan untuk mempermudah siswa belajar dalam upaya memahami
materi pelajaran.
2. Media
yang digunakan oleh guru harus sesuai dan diarahkan untuk mencapai tujuan
pembelajaran.
3. Media
yang digunakan harus sesuai denganmeteri pembelajaran
4. Materi
pembelajaran harus sesuai dengan minat, kebutuhan, dan kondisi siswa.
5. Media
yang akan digunakan harus memerhatikan efektivitas dan efisiensi
6. Media
yang digunakan harus sesuai dengan kemampuan guru dalam mengoperasikannya.
KOMUNIKASI
PEMBELAJARAN
A.
Hakekat komunikasi
Secara
umum komunikasi dapat diartikan sebagai suatu proses penyampaian pesan dari
sumber ke penerima pesan dengan maksud untuk memengaruhi penerima pesan. Dari
konsep diatas ada dua hal yang memaknai komunikasi, yaitu komunikasi adalah
suatu proses, yakni aktivitas untuk mencapai tujuan komunikasi itu sendiri.dan
dalamproses komunikasiselamanya melibatkan tiga komponen penting, yakni sumber
pesan, pesan dan penerima pesan, ketiga komponen ini merupakan komponen dasar
dalam proses komunikasi.
B.
Model komunikasi
1. Modele
lasswell, merupakan model yang sederhana, yang hanya memuat komponen-komponen
sistem komunikasi.
2. Model
komunikasischramme proses pembelajaran pada hakekatnya adalah proses komunikasi
C.
Fungsi media komunikasi
Media
komunikasi pembelajaran bukan hanya sekedar menginformasikan gagasan, atau
menyampaikan sesuatu akan tetapi lebih dari pada itu ada empat fungsi
komunikasi yaitu: fungsi menjelaskan, fungsi menjual gagasan, fungsi
pembelajaran, fungsi administrative
PERKEMBANGAN
DAN KLASIFIKASI
MEDIA PEMBALAJARAN
A.
Perkembangan media pembelajaran
Perkembangan
media pembelajaran dipengaruhi oleh konsep mengajar dan konsep belajar itu
sendiri. Pada konsep ini media berfungsi untuk mempermudah guru
menyampaikanmateri pelajaran. Adapun perkembangannya yaitu :
1. Bahasa
sebagai media pembelajaran pada awalnya mengajar dianggap sebagai proses
penyampaian materi pelajaran dari seorang guru pada sekelompok siswa.
2. Media
sebagai alat bantu mengajar menyampaikan materi pelajaran dengan hanya
mengandalkan bahasa ferbal tidak selamanya berjalan dengan efektif.
3. Media
sebagai alat peraga komunikasi ilmu pengetahuan khususnya pada bidang
komunikasi, memengaruhi pula terhadap pemahaman prosespenyampaian komunikasi.
4. Audio
visual aid (AVA) sebagai media
5. Media
sebagai penyalur pesan
6. Media
sebagai sumber belajar
B.
Peran guru dan perkembangan media
pembelajaran
1. Mengajar
adalah peristiwa kompleks, yang bukan hanya sekedar menyampaikan informasi atau
pesan.
2. Siswa
adalah organism yang unik dan sedang berkembang
3. Kemajuan
teknologi mempermuda untuk mendapatkan informasi
4. Arus
globalisasi yang tidak dapat dihindari seiring dengan kemajuan teknologi akan
masuk ke wilayah-wilayah.
Bagaimana perubahan peran
guru sesuai dengan kemajuan dan perkembangan media pembelajaran?
1.
Guru sebagai pengembang media dan sumber
belajar
2.
Guru sebagai pengelola pembelajaran
3.
Peran guru sebagai administrator dan
fasilitator
4.
Guru sebagai direktur
5.
Guru sebagai evaluator
Pengembangan media pembelajaran
Ada beberapa tahapan dalam
media pembelajaran khususnya media audio dan audio-visual. Beberapa tahapan
tersebut diantaranya tahapan perencanaan, tahapan pengembangan naskah, dan
tahap produksi media.
media
grafis
a.
Pengertian media grafis, graphics berasal
dari bahasa yunani: graphikos yang berarti melukis atau mengambarkan dengan
garis-garis, dapat diartikan bahwa grafik berkenaan dengan unsure gambar.
Persentasi merupakan metode pembelajaran dengan cara
penyampaian melalui penjelasan informasi oleh penyampai pesan. Persentasi
merupakan proses komunikasi yang terdiri tas penyampai pesan, pesan itu
sendiri, dan penerima pesan yakni orang yang menerima penjelasan.
pembelajaran
melalui computer
Computer juga dapat dimanfaatkan sebagai sumber belajar,
yang dapat dipelajari secara mandiri tampa bantuan orang lain.
pembelajaran
multimedia
Pembelajaran melalui multimedia adalah pembelajaran yang
didesain dengan mengunakan berbagai media secara bersama seperti teks, gambar,
film, yang semuanya saling besinergi untuk mencapai tujuan pembelajaran yang
dirumuskan sebelumnya.
Media
pembelajaran individual
Terdapat keunikan-keunikan yang terjadi pada diri setiap
individu yang namanya manusia. Ada beberapa jenis perkembangan individu untuk
kepentingan pembelajaran, ada tiga bentuk perkembangan yang terjadi pada setiap
manusia, yakni perkembangan motorik yang berkaitan dengan perkembangan
fisik,perkembangan kognitif yaitu perkembangan yang berkaitan dengan kemampuan
intelektual atau kemampuan berpikir, dan perkembangan soial dan moral yaitu
proses perkembangan yang berkaitan dengan proses perubahan cara setiap individu
dalam berkomunikasi atau berhubungan dengan orang lain,baik sebagai individu
maupun sebagai kelompok.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar